Minggu, 17 Oktober 2010

George Harrison


GEORGE HARRISON

George Harrison dijuluki sebagai 'the quiet Beatle' (si Beatle yang pendiam). Dilihat dari kemampuan bermusiknya, sebenarnya George bisa disetarakan dengan John dan Paul, bahkan melebihi mereka. Lebih dari itu, banyak yang menganggap George sebagai salah satu pemain gitar terbaik di dunia. Tapi karena George jarang menonjolkan diri seperti John dan Paul (mungkin karena ia adalah personel Beatles yang termuda), namanya tenggelam di bawah bayang-bayang John dan Paul.
Berbeda dari The Beatles yang lain, ia merupakan satu-satunya anggota grup yang di masa kecilnya tidak dilanda mimpi buruk akibat perceraian orang tuanya. George Harold Harrison lahir pada tanggal 24 Februari 1943 (sumber lain mengatakan, George lahir tanggal 24 Februari 1943 jam 23:42). Ayahnya, Harold, adalah seorang sopir bus kota dan ibunya, Louise Harrison adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Sejak kecil George mulai kenal musik karena keluarganya sering mendengarkan musik dari siaran radio. Selain itu, orang tuanya banyak memiliki koleksi lagu-lagu pada masa itu, misalnya Bing Crosby, Shenanaggy Da, dan sebagainya.
Liverpool Institute, satu sekolah dengan Paul, tapi satu angkatan di bawah Paul. Sekitar tahun 1956/ 1957, George terserang penyakit radang ginjal dan diopname di Alder Hey Hospital selama 6 minggu. Ketika sakit, ia sering ngidam minta gitar. Akhirnya pada awal tahun 1957, ibunya membelikannya gitar seharga 3 poundsterling Dengan gitar itu, ia ngamen dan mengumpulkan uang untuk membeli gitar baru. Namun karena jumlahnya masih kurang, ia terpaksa harus bekerja di sore hari membantu tukang jagal dan membersihkan rumah orang pada hari Sabtu..

Seperti John dan Paul, George juga menggandrungi rock and roll. George mengidolakan orang-orang seperti Elvis, Carl Perkins, Chuck Berry, Buddy Holly, Little Richard dan Lonnie Donegan. George juga menyukai musik hillbilly seperti 'Nothin' Shakin' dan 'Glad All Over', dan lagu-lagu yang bernuansa humor seperti 'Three Cool Cats' dan 'The Shiek Of Araby'. Sejak bergabung dengan The Quarrymen, George mendapat peran sebagai pemain lead guitar utama. Karena George tidak terlalu mahir berimprovisasi, ia biasanya membuat bagian solo gitar suatu lagu dengan cara mengulik lalu menghapal. Karena itu, pada masa-masa awal The Beatles, banyak lagu yang bagian solo gitarnya begitu-begitu saja setiap kali The Beatles memainkan lagu tersebut. Contohnya: 'All My Loving', 'Can't Buy Me Love', 'Till There Was You', 'Roll Over Beethoven'.

Hari Natal 1965 George melamar Pattie Boyd, seorang model berkaki indah dan bermata biru laut. Tak lama kemudian keduanya menikah tepatnya 21 Januari 1966.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Smoking Doom Calculator